Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

April 19, 2011

Cara share printer di dos

April 19, 2011
Dengan default, kebanyakan program berbasis MS-DOS secara langsung mencetak ke port LPT1 atau port LPT2. Meskipun demikian, output tidak secara otomatis diarahkan pada pengalih arah ke berbagi cetak kecuali kalau menggunakan salah satu cara berikut.

Cara 1

Gunakan perintah net.exe untuk menetapkan sambungan yang tetap. Untuk melakukannya, gunakan sintaks berikut di prompt perintah
net use lptx \\printserver\sharename /persistent:yes
di mana x adalah nomor port printer yang ingin Anda petakan, di mana printserver merupakan server cetak yang berbagi printer, dan di mana sharename merupakan nama dari berbagi printer.

Misalnya, untuk memetakan LPT2 ke printer yang dipakai bersama Laser1 di server cetak yang diberi nama Pserver, ikuti langkah berikut:
  1. Klik Mulai menjalankan, dan kemudian klik Jalankan.
  2. Pada kotak Buka, ketik cmd, kemudian klik OK.
  3. Ketik net use lpt2 \\pserver\laser1 /persistent:yes, kemudian tekan ENTER.
  4. Untuk keluar dari prompt perintah, ketik exit, kemudian tekan ENTER.
Catatan Di Windows XP, pengguna non-administratif tidak dapat memetakan port LPT ke lintasan printer jaringan ketika port LPT yang ada di komputer sebagai port paralel fisik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana memetakan port LPT sebagai pengguna rutin, klik nomor artikel dibawah ini untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:
313644 (http://support.microsoft.com/kb/313644/ ) Non-administrator tidak dapat memetakan ulang port LPT ke printer jaringan (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Cara 2

Cetak secara langsung ke berbagi printer menggunakan sintaks berikut di prompt perintah
print /d:\\printserver\sharenamepengandar:\lintasan\nama berkas
di mana printserver merupakan server cetak yang berbagi pakai dengan printer, di mana sharename merupakan nama berbagi printer, dan di mana drive:, lintasan, dan nama berkas membuat lintasan dokumen lengkap yang ingin Anda cetak.

Sebagai contoh, untuk mencetak dokumen yang diberi nama letter.doc dari direktori akar pengandar C ke printer yang dipakai bersama Laser 1 di server cetak yang diberi nama Pserver, ikuti langkah berikut:
  1. Klik Mulai menjalankan, dan kemudian klik Jalankan.
  2. Pada kotak Buka, ketik cmd, kemudian klik OK.
  3. Ketik print /d:\\pserver\laser1 c:\letter.doc, kemudian tekan ENTER.

    Pesan baris perintah berikut muncul:
    C:\letter.doc saat ini sedang dicetak
  4. Untuk keluar dari prompt perintah, ketik exit, kemudian tekan ENTER.
Karena perintah TANGKAP tidak didukung di Windows XP, gunakan perintah berikut untuk memetakan port LPT ke antrian cetak Novell NetWare:
net use lptx \\server\queue
Apabila port LPT berhasil diarahkan, Anda akan menerima pesan berikut:
Perintah berhasil diselesaikan.
Untuk memutuskan sambungan LPTx tetap, gunakan sintaks berikut:
net use lptx /delete
Catatan Ketika Anda berusaha menggunakan perintah TANGKAP, Anda akan menerima pesan galat yang serupa dengan berikut ini:
CAPTURE-4.01-923: Galat tak terduga terjadi: 255 (00FF).
(SPOOL.C: [426])
Untuk informasi tambahan, klik nomor artikel dibawah ini untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:
156429 (http://support.microsoft.com/kb/156429/ ) Utilitas 16-bit dan aplikasi NetWare sadar yang didukung (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).
Produk pihak ketiga yang dibahas di artikel ini dibuat oleh perusahaan yang independen terhadap Microsoft. Microsoft tidak memberikan garansi, secara tersirat maupun dalam bentuk apa pun, berkenaan dengan kinerja atau keandalan produk.

0 komentar: